Cara Mengoperasikan Robot Rapot Online by Abdul Rosid


Awal mula saya membuat robot ini dikarenakan perubahan pelaporan rapot yang dilakukan oleh dinas Surabaya sekitar 2 tahun yang lalu. Saya yang juga mendapatkan amanah untuk mengentri nilai juga sebagai guru kelas merasa "kok banyak banget" yang harus diklik satu-satu.

Sehingga saat itu saya mulai berfikir, apa tidak ada jalan lain untuk menentri secara otomatis. Tentu saat itu skrip robot karya saya ini belum tercipta. Singkat cerita setelah 5 hari saya mendekam dalam kelas untuk memikirkan formula robot ini  akhrinya lahir untuk versi pertama.

Ada kisa menarik selama saya mendekam di dalam kelas (meski tidak ada hubungannya), ketika saya bertekad membuat aplikasi yang nantinya berguna, bagi orang sekitar saya yang tidak tahu apa yang saya lakukan di dalam kelas dianggap main2 atau melakukan apalah dengan dunia Internet. Yah meski tidak jarang ketika saya bosan ya berselancar kesana kemari untuk melepas kebuntuan dalam melakukan CODING. Hikmahnya, apapun yang anda lakukan meski saat ini terlihat tidak bermanfaat tapi anda yakin apa yang anda lakukan adalah membawa manfaat untuk jangka panjang. Maka saran saya, terus maju wujudkan keinginan anda. Sampai pada akhirnya, apa yang anda lakukan ternyata memang berguna bagi orang-orang di sekitar Anda.

Kita tinggalkan kisah saya dalam pembuatan robot ini. Setelah beberapa kali revisi akhirnya saya berhasil membuat versi terbaru. Namun dalam video tutorial ini saya masih membuat versi pertama.


Secara sederhana apa yang ada di dalam video tersebut bisa diringkas dalam skema ini:

Silahkan donload file image tersebut, karena jika dilihat seperti itu tidak terlihat dengan jelas tulisannya.

Jika ternyata robot tidak berjalan sebagaimana mestinya, lakukan refresh seperti yang tertulis di bagian bawah gambar di atas. Karena sistem dalam rapot online terkadang mengacak kode internal sehingga robot salah baca dalam memasukkan nilai. Sehingga kita sebagai manusia yang menjalankan robot tersebut harus memasukkan kode yang benar yakni dengan jalan melakukan refresh (mengulang kembali) pada langkah 2.1.

Semoga bermanfaat.





0 Response to "Cara Mengoperasikan Robot Rapot Online by Abdul Rosid"

Post a Comment